Baca Berita

Kopi Kintamani, Geo Product Kabupaten Bangli

Oleh : baturgeopark | 09 Agustus 2017 | Dibaca : 86 Pengunjung

Batur Unesco Global Geopark merupakan global geopark pertama di Indonesia yang sebagian besar terdapat di kecamatan Kintamani. Salah satu produk unggulan dari wilayah Kintamani selain jeruk dan sayuran, adalah kopi. Kopi Kintamani dihasilkan dari tanaman kopi arabika yang ditanam didataran tinggi kintamani dengan ketinggian diatas 900 mdpl. Kawasan Kintamani berada dilereng gunung berapi Batur. Kawasan ini memiliki udara yang dingin dan kering dengan curah hujan yang banyak selama 6-7 bulan musim hujan. Tanaman-tanaman kopi arabika terbentuk dari varietas-varietas terseleksi. pohon kopi ditanam dibawah pohon penaung dan dikombinasikan dengan tanaman lain dan dikelola serta dibeeri pupuk organic. Kopi ini memiliki citarasa yang khas yakni aroma citrus dengan tingkat keasaman yang rendah, sehingga banyak diminati oleh konsumen Internasional.

Hasil penelitian pada tahun 2003 sampai 2004 oleh para ahli kopi di-PPKKI (jember) dan cirad (montpelllier, prancis) berdasarkan analisis sensorial menunjukkan bahwa selama bertahun-tahun ini rasa kopi bali kintamani memiliki tingkat keasaman reguler yang mencukupi, mutu dan intensitas aroma yang kuat, dengan aroma family buah jeruk (rasa jeruk dan jeruk nipis). dan kekentalan sedang. ini berarti kopi arabika bali kintamani memiliki potensi cita rasa yang tinggi.

Kopi arabika bali kintamani biasanya dapat dikatakan tidak terlalu pahit (bitter) dan tidak sepat (astringent). ini disebabkan karena para petani bali kintamani memiliki kepedulian yang tinggi tentang tata cara petik pilih (gelondong merah saja) selama panen. pada umumnya, tidak terdapat cacat rasa yang signifikan dari rasa kopi bali kintamani ini. Salah satu alasanya bahwa para petani kintamani telah mempraktekkan prinsip-prinsip “praktek pengolahan yang baik”(good manufacturing practices, GMP). (sumber: https://www.kopikopen.com/blog/kopi-bali-kintamani/)


Oleh : baturgeopark | 09 Agustus 2017 | Dibaca : 86 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Hubungi Kami
info@baturglobalgeopark.com -
Jajak Pendapat
Bagaimana Pendapat Anda tentang Website Batur Global Geopark?
Twitter