Sertifikasi Kepada Pemandu Wisata Lokal di Sekitar Batur Global Geopark

  • 13 Desember 2017
  • Umum
Sertifikasi Kepada Pemandu Wisata Lokal di Sekitar Batur Global Geopark

Pemandu Wisata lokal di Kabupaten Bangli terutama di sekitar area Batur Global Geopark mendapatkankursus singkat dan bimbingan teknis selama 3 hari mulai tanggal 7 sampai dengan 9 Desember 2017 bertempat di Hotel Segara, Desa Kedisan Kintamani. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Bangli bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Pariwisata Indonesia (Parindo) Denpasar.

Pemandu wisata yang mendapatkan pelatihan dan sertifikasi sebanyak 30 orang pemandu wisata lokal yang berasal dari seluruh Kabupaten Bangli terutama dari area Batur Global Geopark. Dalam pelatihan ini, peserta diberikan pengetahuan mengenai teknik memandu wisatawan, persiapan tour guiding, sejarah pariwisata, etika pemandu wisata, pengembangan nilai budaya lokal dan kearifan lokal, teknik memandu rombongan  wisatawan serta pelajaran lainnya.

Peranan pemandu wisata atau tour guide sangatlah penting dalam perjalanan para wisatawan.  Dengan adanya pemandu wisata di suatu objek wisata, maka para wisatawan akan terpuaskan dengan penjelasan baik dari segi sejarah, pembuatan, pengetahuan dan kisah-kisah yang ada di objek wisata tersebut. Hal ini akan membekas di hati para wisatawan dan akan menimbulkan keinginan untuk berkunjung kembali. Pentingnya peran pemandu wisata akan sangat terdukung dengan adanya sertifikat kompetensi.

Pemerintah akan berusaha mengalokasikan anggaran untuk melakukan kegiatan ini di tahun berikutnya, agar semakin banyak para pemandu wisata lokal di sekitar Batur Global Geopark Kabupaten Bangli yang mendapatkan sertifikasi profesi.

  • 13 Desember 2017
  • Umum

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita