PENEBARAN BENIH IKAN DI DANAU BATUR TAHAP KETIGA DI KAWASAN BATUR GLOBAL GEOPARK, KINTAMANI

  • 30 November 2017
  • Umum
PENEBARAN BENIH IKAN DI DANAU BATUR TAHAP KETIGA DI KAWASAN BATUR GLOBAL GEOPARK, KINTAMANI

Penebaran benih ikan di kawasan BUGG bertujuan untuk meningkatkan populasi ikan nila yang ada di Danau Batur setelah mengalami semburan belerang yang mengakibatkan kematian ikan baik yang ada di Kerama Jaring Apung maupun di luar Keramba. Selain melakukan restoking juga dilakukan upaya memulihkan kondisi Danau Batur dengan melakukan kajian daya dukung dan zonasi Keramba Jaring Apung di sekitar Danau. Selain itu juga dilakukan pembersihan pasca semburan belerang yang bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup, Polisi dan TNI serta masyarakat sekitarnya.

Selama tahun 2017, sudah dilakukan 3 tahap penebaran benih ikan di Danau Batur antara lain pada bulan Mei, bulan Agustus dan sekarang pada bulan November 2017. Benih ikan yang ditebar, merupakan hasil dari pembibitan oleh Pemerintah Kabupaten Bangli melalui balai pembenihan ikan dibawah koordinasi Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan. Jenis ikan yang dikembangan dalam pembibitan ikan ini adalah jenis ikan Nila Nirmala yang didatangkan dari Sukabumi.

Pemerintah sangat peduli dengan kelestarian ikan di perairan umum khususnya Danau Batur.  Ikan mengandung protein yang sangat tinggi, daging ikan juga tidak punya jaringan pengikat sehingga mudah dicerna oleh tubuh. Selain itu protein pada ikan mempunyai komposisi dan kadar asam amino esensial cukup lengkap serta asam lemak omega-3 yang baik bagi tubuh manusia.

  • 30 November 2017
  • Umum

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita