Batur Global Geopark Official Website

Berita
  GUNUNG BATUR DAN DANAU BATUR dalam GEOPARK
Kamis, 11/09/2014 04:36 WIB
Di balik elok pemandangan dan keunikan budaya masyarakat Trunyan yang hidup di tepiannya, Danau Batur menyimpan riwayat geologi mengerikan. Danau kaldera berbentuk bulan sabit ini terbentuk oleh serangkaian letusan dahsyat. Letusan itu turut membentuk seluruh lanskap Pulau Bali. Geolog Belanda, Van Bemmelen (1949), menyebut Danau Batur di Kintamani, Bali, sebagai salah satu kaldera terbesar dan terindah di dunia. Dengan luasan mencapai 16,6 kilometer persegi, Danau Batur merupakan danau kaldera terluas kedua di Indonesia setelah Danau Toba di Sumatera Utara.
 
  Pura Ulun Danu Batur Dalam Toleransi dan Keragaman Budaya (Culture Diversity)
Selasa, 09/09/2014 02:16 WIB
Hingga tahun 1917, Pura Ulun Danu Batur terletak di sisi sebelah barat laut lereng Gunung Batur. Ledakan besar dari Gunung Batur pada tahun 1917, yang menelan ribuan nyawa dan menghancurkan seluruh daerah, juga merusak sebagian besar kompleks Pura. Kepala desa dan penduduk setempat memutuskan untuk memindahkan lokasi Pura dan membangun kembali di tempat yang lebih tinggi, yaitu Kalanganyar. Pada letusan tahun 1926, seluruh area Desa Batur, termasuk termasuk Pura, sekali lagi dikubur oleh lava. Tetapi Pura Dewi Danu yang terletak di kompleks Pura ini masih bertahan. Ini merupakan hal yang ajaib bagi masyarakat di daerah tersebut. Setelah bencana tersebut tidak hanya Pura yang dibangun kembali di daerah yang lebih tinggi, tetapi lokasi desa juga bergeser ke tempat yang lebih tinggi tersebut.
 
  Maskot Kabupaten Bangli dan Branding Geopark Kaldera Batur
Senin, 01/09/2014 02:41 WIB
Anjing Kintamani (disebut Gembrong) dikenal memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh Ras anjing lainnya dan dinyatakan sebagai salah satu anjing yang memiliki kepintaran di atas rata-rata anjing-anjing ras lainnya di dunia. Anjing Kintamani terkenal di seluruh dunia karena kelebihannya tersebut serta bentuk fisiknya yang menawan, bentuk mukanya mirip serigala, tapi tubuhnya mirip anjing Chowchow dari Cina.
 
  Tarian Khas Kabupaten Bangli (Tari Kreasi Kang Ching-Wie)
Senin, 01/09/2014 00:46 WIB
Tarian ini terinspirasi dari kisah dari kerajaan Balingkang yang merupakan kerajaan pertama di Bali. Tari Kreasi Kang Ching-Wie yang mengisahkan mendaratnya Kapal saudagar Cina diperairan Balingkang beserta putrinya yang bernama Kang Ching Wie.
 
  Materi Geopark Diintegrasikan ke Dalam Kurikulum Sekolah
Materi Geopark Diintegrasikan ke Dalam Kurikulum Sekolah

Minggu, 20/07/2014 21:20 WIB
Bupati Bangli sudah menetapkan Peraturan Bupati Bangli Nomor 19 Tahun 2013 tentang Pengintegrasian materi Geopark ke dalam Kurikulum Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, dan Sekolah Menengah Kejuruan Kabupaten Bangli.
 
  Sejarah Geopark Batur
Sejarah Geopark Batur

Kamis, 10/07/2014 21:45 WIB
Geopark adalah suatu kawasan yang memiliki arti sebagai sebuah warisan alam (geologi), dan menjadi tempat implementasi strategi pengembangan ekonomi berkelanjutan yang dilakukan melalui struktur menejemen yang baik dan realistis. Dengan demikian geopark menjadi peluang bagi terciptanya lapangan pekerjaan untuk masyarakat setempat, yaitu dalam hal memperoleh keuntungan ekonomi secara nyata. Usaha penggalian, penumbuhan dan pengembangan nilai ekonomi tersebut biasanya dilakukan melalui industri pariwisata yang berkelanjutan. Geopark atau Taman Bumi adalah pola pengembangan kawasan secara berkelanjutan yang memadukan secara serasi tiga keragaman, yaitu Geologi (Geodiversity), Hayati (Biodiversity) dan Budaya (Cultural Diversity). Tujuan pengelolaaanya adalah membangun dan mengembangkan ekonomi masyarakat setempat dengan berasaskan perlindungan atas ketiga keragaman geologi, hayati, dan budaya yang terdapat dalam kawasan itu.
 
  Batur Global Geopark Signboard
Batur Global Geopark Signboard

Senin, 07/07/2014 20:45 WIB
Pemerintah Kabupaten Bangli terus berusaha meningkatkan sosialisasi Batur Global Geopark dengan menambahkan Geopark Signboard di sepanjang jalan utama Airport Ngurah Rai sampai dengan Kawasan Geopark Batur
 
  Pembukaan Pesta Kesenian Bali 2014
Pembukaan Pesta Kesenian Bali 2014

Selasa, 17/06/2014 00:01 WIB
Pembukaan Pesta Kesenian Bali (PKB) XXXVI yang ditunggu-tunggu masyarakat Bali, dibuka SBY dengan ditandai pemukulan kulkul atau kentungan ala Bali oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).
 
  Kunjungan Duta Besar India untuk Indonesia, Timor Leste dan ASEAN ke Kabupaten Bangli
Kunjungan Duta Besar India untuk Indonesia, Timor Leste dan ASEAN ke Kabupaten Bangli

Selasa, 10/06/2014 21:44 WIB
Duta Besar India untuk Indonesia, Timor Leste dan ASEAN berkunjung ke Pura Ulun Danu Batur. Kedatangan Duta Besar India tersebut disambut oleh perwakilan Pemda Bangli dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bangli beserta Camat Kintamani, dan juga Jero Gede Duuran beserta Jero Gede Alitan Pura Ulun Danu Batur.
 
  Pura Pingit Melamba Desa Bunutin - Kintamani - Bangli
Pura Pingit Melamba Desa Bunutin - Kintamani - Bangli

Selasa, 10/06/2014 21:39 WIB
Pura Pingit Melamba terletak di desa bunutin - kintamani - bangli, pura ini di tempuh kurang lebih satu setangah jam dari kota bangli, Pura Pingit Melamba "MELAMBA'" berasal dari kata "METAMBA" yg artinya mengobati.
 
 








   Agenda
Waktu : Kamis , 2012-11-15 , Jam : 08:00 Wib
Lokasi : Musium Batur Kintamani
Agenda : Launching Website Batur Blobal Geopark [ detail ]
Waktu : Jumat , 2012-10-19 , Jam : 08:00 Wib
Lokasi : Kintamani, Bangli - Bali
Agenda : Festival Batur 2012 [ detail ]

  
 
 
 
           
 
Batur Global Geopark
Home
Profil
Berita
Wisata
Akomodasi
Foto
Kontak
Situs Terkait
Asian Pacific Geoparks
European Geoparks Network
UNESCO
Ministry of Land and Resources
Situs Lainnya...
Statistik Pengunjung
448170
Pengunjung hari ini : 26
Total pengunjung : 73642
Hits hari ini : 120
Total Hits : 448170
Pengunjung Online: 1
 
Kontak Kami
Alamat : Jln. Lettu Lila No 9 Bangli
Telp : 0366 - 91537
Email : disbudpar@banglikab.go.id
Website : http://disbudpar.banglikab.go.id
Ikuti Kami di